Jumat, 03 Februari 2012

Makalah Hasil Observasi PIP


BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar belakang penelitian
Seorang manusia dewasa yang ada di dunia ini akan mengetahui tentang pentingnya sebuah pendidikan karena hakikat pendidikan ini tidaklah hanya sebatas mendapatkan pelajaran dari suatu lembaga formal seperti sekolah atau seperti lembaga informal seperti bimbingan belajar. Perlu diketahui pendidikan tidaklah selesai setelah berakhirnya masa sekolah, tetapi merupakan sebauh proses yang berlangsung sepanjang hidup.
Pendidikan untuk kalangan semua ini tidak dapat diartikan dari sebagai pendidikan untuk orang dewasa, tetapi pendidikan mencakup dan memadukan semua tahap pendidikan (pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan sebagainya). Dalam pendidikan adanya suatu lembaga yang bisa mempunyai peranan pentng
Lembaga pendidikan formal atau sekolah dikonsepsikan untuk mengemban fungsi Penyadaran, dan media secara simultan. Fungsi sekolah itu diwadahi melalui proses pendidikan dan pembelajaran sebagai intinya.
Meski begitu, masayarakat telah menerima esensi dan urgensi pendidikan persekolahan, baik negeri maupun swasta, sebagai wahana proses kemanusiaan dan pemanussian ideal.
Selanjutnya kontribusi lembaga psersekolahan itu adalah signifikan pencapaian misi negara yakni mendidik generasi muda harapan bangsa. Orang tua dan masyarakat pengguna lain memahami bahwa kehadiran sekolah bagi proses pendidikan anak-anak mereka menjadi sebuah keharusan. Lembaga-lembaga pendidikan seperti sekolah, universitas, dan pusat-pusat latihan tentu mempunyai peranan penting, tetapi semuanya itu hanya sebagai salah satu lembaga pendidikan. Dalam persaingan era globalisasi saat ini penyelenggaran pendidikan sekolah dibangun sesuai dengan keadaan zaman sekarang, visi dan misi suatu sekolah disesuaikan dengan saat ini seperti sekolah dengan menyiapkan siswanya ke dalam ke peradaban modern dan sedikit memberikan khusus tentang nilai agama, ada pula sekolah mengungguli kedua-duanya tentang dunia modern juga serta agama yang tidak disampingkan melainkan berjalan bersama.
1.2 Materi penelitian
         Dalam penelitian, peneliti melakukan penelitian observasi kunjungan ke SMA Bani Saleh Tambun dengan materi-materi penelitian berupa yang akan dibahas yakni sebagai berikut, Profil sekolah yang diteliti, unsur-unsur-admisnistrasi dan manajemen sekolah, Struktur dan muatan kurikulum dan lain-lain.
1.3 Tujuan penelitian
         Peneliti melakukan penelelitian observasi dengan tujuan adalah mendapatkan data-data dari sekolah SMA Bani Saleh Tambun, seperti  sebagai berikut berikut, Profil sekolah yang diteliti, unsur-unsur-admisnistrasi dan manajemen sekolah, Struktur dan muatan kurikulum dan lain-lain.
1.4 Metodologi penelitian
         Dalam penelitian yang penulis laksanakan, dalam upaya pengumpulan data untuk untuk membuat karya ilmiah, penulis menggunakan beberapa metode sebagai berikut:
1.      Metode Expost Facto
Metode ini adalah suatu metode dimana orientasi penelitian lebih banyak menggunakan data-data yang telah ada atau jadi dan tersusun rapi secara sistematis. Dalam hal ini data-data seperti Profil sekolah yang diteliti, unsur-unsur-admisnistrasi dan manajemen sekolah, Struktur dan muatan kurikulum telah disusun oleh pihak sekolah.  
2.      Tekhnik wawancara
Dalam penggunaan tekhnik wawancara ini menggunakan wawancara kualitatif. Artinya mengumpulkan data informasi Dalam pengguanaan tekhnik wawancara kualitatif  bertujuan untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan secara lebih bebas dan leluasa, tanpa terkait oleh susunan pertanyaan yang telah disepakati sebelumnya. Dalam penelitian ini ini mengguakan metode wawancara untuk menggali lebih lebih dalam dari hasil pengamatan dan catatan yang ditemukan ditemukan di lapangan agar memperoleh data yang valid.
1.5 Sistematika penelitian
Dalam pembahasan penelitian ini peneliti membagi menjadi tiga bab.yakni:
Bab I PENDAHULUAN, meliputi: Latar belakang penelitian, Materi penelitian, Tujuan Penelitian, Metodologi Penelitian, Sistematika Penelitian.
Bab II HASIL PENELITIAN, meliputi: Profil Sekolah, Unsur-unsur Administrasi dan Manajemen Sekolah, Struktur dan Muatan Kurikulum.
BAB III PEMBAHASAN



BAB II HASIL PENELITIAN

2.1      Profil Sekolah
a.      Nama Sekolah
SMA BANI SALEH TAMBUN

b. Alamat Sekolah
JL. Setia Darma II Desa Setia Darma Tambun Selatan
Kabupaten Bekasi
Kode Pos: 17510
Propinsi Jawa Barat

c.       Alamat Yayasan
Nama Yayasan ini adalah Yayasan Pembina Pendidikan dan Kesehatan “Bani Saleh”
Alamat Yayasan ini adalah Jl. Kartini no. 66 Bekasi

d.      Surat Keputusan Pendirian Sekolah
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi Nomor 421/608 Disdik Tentang Izin Pendirian dan Penyelenggaraan Sekolah Menengah Umum (SMU) Bani Saleh Tambun. (Bukti Surat Keputusan Pendirian Sekolah, dilampirkan)

e.       Surat Izin Operasional Sekolah
Dilampuirkan

2.2 Unsur-unsur Administrasi dan Manajaemen Sekolah
a) Pengorganisasian

a. Rincian Tugas Struktural Sekolah
·         Perann Dewan Sekolah
Dewan sekolah mungkin di dalam hal yang satu ini adalah ketua Yayasan Bani Saleh, SMA Bani Saleh Tambun, dalam satu hal ini beliau memiliki peran menetapkan kebijakan, menyatukan visi, memeprjelas visi baik untuk pemerintah daerah maupun untuk sekolah itu sendiri. Dewan sekolah ini atau ketua yayasan ini menentukan kebijakan sekolah, visi, dan misi sekolah dengan mengacu pada ketentuan anasional dan daerah.
·         Peran Pengawas Sekolah
Dalam wawancara peneliti dengan  pihak sekolah di SMA Bani Saleh Tambun, di sekolah ini memiliki pengawas dari dalam sekolah terlebih dahulu sebelum dinilai dari peran pengawas sekolah yang ada di dinas pendidikan Kabupaten Bekasi. Peran dan fungi pengawaas sekolah ini berfungsi sebagai fasilitataor antara kebijakan pemerintah daerah Kabupaten Bekasi kepada sekolah ini, serta untuk menjelaskan tujuan akademis dan anggarannya serta memberikan bantuan tekhnis ketika sekolah menghadapi masalah dalam menerjemahkan vidi pemerintah daerah.
·         Kepala Sekolah, berikut dibawah ini tugas pokoknya:
Kepala sekolah merupakan personel sekolah yang bertanggung jawab terhadap seluruh kegiatan-kegiatan sekolah di SMA Bani Saleh. Kepala Sekolah mempunyai wewenang dan tanggung jawab terhadap penuh untuk menyelenggarakan seluruh kegiatan pendidikan dalam lingkungan sekolah.
Kepala sekolah tidak hanya bertanggung jawab atas kelancaran jalannya sekolah secara teknis akademis saja, akan tetapi segala kegiatan keadaaan lingkungan sekolah dengan kondisi dan situasinya serta hubungan dengan masyarakat sekitarnya merupakan tanggung jawab pula.
·         Tugas Wakil Kepala Sekolah Bagian Kurikulum
Wakil Kepala Sekolah yang mengurusi bagian kurikulum dan media pembelajaran serta teori pembelajaran, di SMA Bani Saleh Tambun mempunyai wewenang adalah tugas dari wakil kepala sekolah bagian kurikulum ini. Pemberian pelajaran di SMA Bani Saleh ada dua yakni pelajaran umum dan pelajaran dinniyah (agama). Sama saja adalah mempunyai wewenang dan tugas dari wakil kepala sekolah bagian kurikulum.
Wakil kepala sekolah bagian kurikulum ini, bertugas menjamin adantya program pengajaran yang baik bagi bagi murid-murid serta membantu usaha pelaksanaan dan pengembangan program pengajaran yang efektif dan bersama-sama menyusun daftar kebutuhan mereka dan mempersiapkan perkiraan tahunan untuk diusahakan penyedianannya.



·         Tugas Seorang Guru
Seorang guru di SMA Bani Saleh Tambun memiliki peran yang lebih besar dalam pengelolaan sekolah maka perlu dilakukan desentralisasi pengetahuan. Terdapat dua jenis pengetahuan.
  1. Guru diberikan tanggung jawab partisan sekolah
Diberikam partisan sekolah, diberikan pengetahuan mengorganisasi petemuan-pertemuan, cara meraih konsesus dan cara membuat anggaran .
  1. Guru juga dibekali pengajaran dengan beberapa metode yang menyenangkan dan guru disini dituntut untuk bisa memahami metode pengajaran tersebut., tiap semester didatangkan pelatihan fun teaching seperti metode pengajaran yang menyenangkan. Di SMA Bani Saleh Tambun juga guru-guru memiliki tugas pokok dan fungsi guru dianataranya sebagai berikut:
ü  Membuat perangkat pengajaran
ü  Melaksanakan kegiatan pengajaran
ü  Melaksanakan kegiatan penilaian, proses belajar, ulangan harian dan ulangan umum, serta juga ujian akhir.
ü  Melaksanakan analisis hasil dari ulangan-ulangan yang disebutkan diatas
ü  Menyusun dan melaksanakan program-program perbaikan sekolah
ü  Mengisi daftar hadir siswa
ü  Melaksanakan kegiatan pembibingan, pengawasan, dari guru lain untuk menunjang proses belajar mengajar.
ü  Membuat alat belajar
ü  Mengikuti kegiatan pengmbangan program pengajaran serta bertanggung jawab.
·   Rincian tugas Karyawan Tata Usaha
Dalam garis besarnya tata usaha di SMA Bani Saleh Tambun mempunyai tiga pokok peranana sebagai berikut:
a.       melayani pelaksanaan pekerjaan-pekerjaan operatif untuk mencapai tujuan dari seuatu organisasi.
b.      Menyediakan keterangan-keterangan bagi pimpinan organisasi itu yakni kepala sekolah untuk membuat keputusan atau melakukan tindakan yang tepat.
c.       Membantu kelancaran perkembangan sekolah sebagai suatu keseluruhan
Pada hakikatnya di sekolah ini, tugas tata usaha adalah hakikatnya memegang untuk membuat perananan penting sebagai alat dan bukti komunikasi atau informasi berupa surat menyurat. Berbicara tentang surat menyura, maka tata usaha sekolahh melalui perannya mempunyai wewenang untuk membuat surat dinas, nota dinas, memo, pengantar, edaran, keputusan, undangan, instruksi, tugas dan pengumuman.

b) Pengkoordinasian
Dalam hal pengkoordinasian antara pihak sekolah SMA Bani Saleh Tambun dengan dinas pendidikan Kabupaten setempat sangat erat sekali. Koordinasi dapat meningkatkan kerja sama antara pejabat semaksimal mungkin pada tataran kantor pendidikan di Kementrian Pendidikan Nasional, lalu pada tataran Dinas Pendidikan pemerintah Propvinsi Jawa Barat serta juga Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi.
c) Komunikasi
Hubungan komunikasi yang dijalin dari ketua Yayasan,dengan  kepala Sekolah SMA Bani Saleh Tambun sangat menjalin keakraban sangat dekat. Pola komunikasi yayaasan kepada guru, pegawai dan anak didik seperti itu membuat banyak disukai. Sebagai contoh komunikasi sekolah SMA Bani Saleh Tambun dengan yayasan, pada idul adha atau idul kurban kurban setahun yang lalu yayasan memberikan kurban sekitar 4 ekor kambing  kepada SMA Bani Saleh Tambun lalu anak didik menyembelih dan dibagikan dagingnya kepada warga sekitar sekolah.
Contoh ini terbukti komunikasi sekolah dengan yayasan menjalin sangat baik dan erat, berbeda pada angkatan sebelum-sebelumnya.
Komunikasi kepala sekolah dengan anak didiknya juga sangat erat, karena kepala sekolah SMA Bani Saleh Tambun diberikan jam pelajaran untuk bisa bertatap muka dan berkenalan dengan anak didiknya.
d) Pengawasan
Dalam hal pengawasan ini, metode pengawasan sekolah tidak aneh seperti sekolah swasta Islam yang lain. Pengawasan kinerja kepala sekolah dilihat oleh Yayasan Bani Saleh, oleh pengawas sekolah, dewan sekolah. Berikut pengawasan guru yang akan diawasi langsung oleh kepala sekolah, jajaran pengurus yayasan Bani Saleh. Selanjutnya adalah pengawasan staf atau karyawan tata usaha dalam hal ini pengawasan langsung oleh pengawas sekolah dan kepala sekolah tentunya.
e) Kepegawaian
Dalam kepegawaian ini tentu karyawan dan guru juga memiliki kode etik yang berlaku di sekolah ini, adalah:
  1. Guru atau karyawan hadir 20 menit sebelum bel berbunyi
  2. Guru atau karyawan mengisi daftar hadir terlebih dahulu atau demikian pula jika ketika mau pulang.
  3. Bagi guru yang mendapatkan tugas guru piket harus datang lebih awal mengaeasi murid yang piket
  4. Guru yang mempunyai di jam pertama, wajib memadu tadarrus Al-Qur’an
  5. Bagi guru atau karyawan yang terlambat hadir harap mengsisi buku keterlambatan beserta alasannya
  6. Guru yang meninggalkan jam pelajaranharap mengisi buku tugas lalu menuliskan alasannya kepada guru piket.
  7. Bagi guru atau karyawan yang berhalangan hadit, wajib memberi tahukan kepad guru piket atau kepala sekolah
  8. Waktu jam belajar, guru tidak diperkenankan berkumpul bersama anak didik yang lain.
  9. Guru piket harus melaporkan jika ada hal-hal penting tentang sekolah kepada kepala sekolah SMA Bani Saleh Tambun
  10. Guru wajib shalat dzuhur berjamaah dengan siswa di Masjid Bani Saleh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar